Cokelat: 7 Negara 7 Keunikan Rasa

Cokelat merupakan sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao (Theobroma cacao). Cokelat dihasilkan dari kakao (Theobroma cacao) yang diperkirakan pada awalnya tumbuh di daerah Amazon Utara sampai ke Amerika Tengah, tepatnya di Negara Meksiko. Oleh orang-orang setempat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti salah satunya adalah cokelat.
Foto: gottagocruises.com
 
Dokumentasi paling awal tentang cokelat ditemukan pada penggunaannya di sebuah situs pengolahan cokelat di Puerto Escondido, Honduras sekitar 1100 -1400 tahun SM. Residu yang diperoleh dari tangki-tangki pengolahan ini mengindikasikan bahwa awalnya penggunaan kakao tidak diperuntukkan untuk membuat minuman saja. Selput putih yang terdapat pada biji kokoa lebih condong digunakan sebagai sumber gula untuk minuman beralkohol.
Pada perkembangannya, cokelat menjadi minuman penyegar yang digemari oleh kalangan siapa saja. Setelah mendapat protes karena harganya yang mahal dan hanya bisa dinikmati oleh kaum-kaum tertentu saja. Pada akhirnya cokelat menjadi minuman yang dinikmati oleh kelas pedagang (bawah).
Sampai akhirnya kedatangan bangsa Eropa membawa cokelat ke berbagai Negara. Seperti salah satunya di London, cokelat begitu terkenal di Negara tersebut. Masyarakatnya begitu menyukai rasa cokelat sampai-sampai didirikan “rumah cokelat”. Rumah cokelat tersebut digunakan untuk menyimpan persediaan cokelat.
Banyak orang menyukai yang namanya cokelat. Dengan berbagai olahan, cokelat menghasilkan sensasi rasa yang baru. Seperti di bawah ini, cokelat diolah untuk menghasilkan sensasi rasa yang mantap. Ada 7 rasa cokelat dari tujuh Negara yang memiliki kekhasan sendiri.

a. French Toast Chocolate (Perancis)
Cokelat ini cukup dikenal dan disukai oleh masyarakat di Perancis. Bahkan cokelat ini menjadi ciri khas dari Negara Perancis karena keunikannya. Kenapa unik, mereka terinspirasi untuk membuat kreasi cokelat dengan cita rasa french toast (roti panggang khas Perancis) yang manis, gurih, dan lembut. Kreasi cokelat yang diperkenalkan pada tahun 2009 ini merupakan hasil karya Komforte Chockolates di Perancis. Ingin coba? Silakan untuk berkunjung ke Perancis.

b. Camel’s Milk Chocolate (Dubai)
Cokelat yang kedua adalah Camel’s Milk Chocolate. Camel’s Milk Chocolate diproduksi di Al Nassma, Dubai. Perusahaan pertama dan satu-satunya yang memproduksi cokelat susu unta di Dubai. Cokelat ini hanya bisa ditemui di beberapa toko khusus atau hotel di Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Oman, dan Jepang.

c. Cokelat Mascleta (Argentina)
Cokelat Mascleta diciptakan oleh seseorang yang bernama Oriol Balaguer. Beliau adalah seorang mantan koki pastry yang bekerja di salah satu restoran terbaik dunia, El Bulli. Ia menciptakan cokelat Mascleta yang terbuat dari kacang hazelnut dan juga garam laut Maldon (sejenis garam laut yang berasal dari kawasan Maldon). Hasil rasanya silakan untuk mencobanya.

d. Havana Tobacco Chocolate (Belgia)
Satu lagi kenikmatan sensasi rasa cokelat yang tidak dirasakan oleh cokelat kebanyakan. Namanya adalah Havana Tobacco Chocolate yang berasal dari Belgia. Cokelat ini terbuat dari campuran cokelat Belgia dengan daun cerutu yang direndam dalam rum dan cognac. Ketika dimakan, cokelat ini akan meninggalkan rasa pedas di tenggorokan seperti sedang merasakan sensasi rokok cerutu.

e. Peanuts and Ketchup Chocolate (Amerika Serikat)
Dari namanya saja terdengar agak aneh, Peanuts and Ketchup Chocolate. Cokelat ini diciptakan oleh seorang bernama Josef Zotter, seorang warga Amerika berdarah Austria. Cokelat ini tercipta untuk menghormati kemenangan Presiden Barrack Obama. Cokelat terbuat dari campuran berbagai bahan yang tidak lazim, seperti nougat kacang, tomat, apel, grappa (brendi yang terbuat dari sisa-sisa pemrosesan anggur), bubuk cabai, dan kismis. Wow… bagaimana rasanya ya?

f. Cucumber Vodka (Los Angeles)
Kreasi coklat unik nan segar ini dibuat oleh Christian Alexandre dan Whajung Park. Mereka menggunakan metode tradisional Prancis untuk menciptakan nuansa rasa yang eksotis. Cokelat ini terbuat dari cokelat putih, puree mentimun, vodka, dan mint yang kemudian dibalut dengan dark chocolate. Sungguh eksotis dan sayang kalau tidak disantap.

g. Plum Liqueur Chocolate (Jepang)
Produsen cokelat Jepang, Mary’s Chocolate, telah menciptakan sebuah cokelat yang istimewa. Cokelat ini dibuat dengan menambahkan umeshu, minuman beralkohol khas Jepang yang terbuat dari buah plum. Soal rasa, tidak perlu diragukan lagi, silakan untuk mencicipi kekhasan dari sensasinya.

0 komentar:

Posting Komentar